Penerapan Bahan Koloid Melalui Metode Demonstrasi Dengan Pendekatan Chemoenter preneurship Pada Produk “Litao Kobal" Untuk Memotivasi Siswa Berwirausaha

Davega, Zilzia Ulmi (2021) Penerapan Bahan Koloid Melalui Metode Demonstrasi Dengan Pendekatan Chemoenter preneurship Pada Produk “Litao Kobal" Untuk Memotivasi Siswa Berwirausaha. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ZILZIA_ULMI_DAVEGA_17035123_5140_2021.pdf

Download (704kB) | Preview

Abstract

Ilmu kimia dapat dianggap sebagai salah satu cabang ilmu yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan karena dengan mempelajari kimia siswa akan mengetahui apa saja peranan dan aplikasi ilmu kimia dalam kehidupan salah satunya pada materi koloid. Materi koloid ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari­ hari dan akan diperlukan bagi perkembangan zaman nantinya. Pendekatan chemoenterpreneurship (CEP) dalam pembelajaran koloid dirasa sesuai karena dengan adanya pendekatan ini dapat membuat siswa lebih bersemangat dan aktif dalam belajar serta dapat meningkatkan jiwa berwirausaha. Penelitian terhadap penerapan koloid dalam suatu produk minuman herbal yaitu "Litao Kobal" dilakukan untuk mengetahui pemahaman siswa pada materi koloid dan untuk mengetahui motivasi berwirausaha siswa setelah melihat pengolahan produk "Litao Kobal" menggunakan metode demonstrasi. Pengenalan produk minuman herbal Litao Kobal kepada siswa dilakukan melalui pendekatan chemoenterpreneurship dengan metode pembelajaran demonstrasi yang nantinya akan diperagakan langsung oleh penulis dan selanjutnya akan diupload ke media sosial youtube agar siswa dapat mengakses video pembuatan produk secara mudah dan efektif dimanapun dan kapanpun. N antinya siswa diminta untuk mengisi angket seputar video yang telah disajikan berguna untuk melihat bagaimana respon siswa terhadap video tersebut. Berdasarkan respon siswa terhadap angket yang dibagikan, didapatkan hasil bahwa siswa lebih menyukai pembelajaran dengan metode demonstrasi berupa video pada materi koloid. Siswa lebih mudah memahami materi pelajaran koloid dengan pendekatan Chemoenterpreneurship karena siswa dapat melihat secara nyata proses pembuatan produk "Litao Kobal" yang merupakan salah satu aplikasi koloid dalam kehidupan sehari­hari dan dapat memotivasi siswa bahwa dengan belajar kimia penerapannya dapat diterapkan dalam kehidupan sehingga dapat menjadikan seseorang menjadi wirausaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:43
Last Modified: 22 Apr 2022 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37745

Actions (login required)

View Item View Item