Pengembangan e-Content Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Membangun Self Learning Awareness Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Kesetimbangan kimia

Khair, Ummil (2021) Pengembangan e-Content Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Membangun Self Learning Awareness Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Kesetimbangan kimia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_UMMIL_KHAIR_17035171_5089_2021.pdf

Download (627kB) | Preview

Abstract

Self learning awareness merupakan kesadaran diri yang dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk membangun self learning awareness siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran dimana pendekatan saintifik adalah pendekatan keilmuan yang bersifat logis dan sistematis. £-content atau disebut juga dengan konten digital. adalah konten atau penyampaian informasi melalui perangkat elektronik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk ( 1) mengembangkan e-content berbasis pendekatan saintifik untuk membangun self learning awareness siswa pada materi kesetimbangan kimia, (2) mengungkapkan tingkat validitas dari segi kevalidan isi atau konten serta dari segi kevalidan ahli media Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Plomp. Terdapat tiga tahap didalam model Plomp yaitu penelitian awal, pembentukan prototipe, dan tahap penilaian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dalam bentuk validitas isi; angket validitas konstruk; lembar one to one evaluation. Uji validitas isi dilakukan terhadap 4 orang dosen kimia UNP dan 3 orang guru kimia SMAN 5 Padang sebagai ahli dalam bidang isi, berdasarkan angket validitas isi yang dianalisis menggunakan indeks Aiken's V maka didapatkan nilai Aiken sebesar 0,85 dengan kategori valid. Sedangkan komponen media pada lembar validitas ahli media divalidasikan oleh 3 orang dosen dibidang teknik dan1 orang dosen teknologi pendidikan sehingga melalui analisis data menggunakan Aiken didapatkan data validitas konstruk dengan nilai aiken sebesar 0,90 dengan kategori valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:43
Last Modified: 22 Apr 2022 06:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37744

Actions (login required)

View Item View Item