Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint /spring Terintegrasi Pertanyaan Prompting Pada Materi Sel Volta Kelas XII SMA/MA

Putri, Ulfah Wahidah (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint /spring Terintegrasi Pertanyaan Prompting Pada Materi Sel Volta Kelas XII SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ULFAH_WAHIDAH_PUTRI_17035170_4611_2021.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Pada kurikulum 2013 peserta didik dituntut aktif terutama dalam menemukan konsep dalam proses pembelaj aran. selain itu, pada proses pembelaj aran peserta didik diharapkan kompeten dalam menggunakan dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media dalam pembelajaran untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring pada materi sel volta kelas XII SMA/MA. Penelitian ini digunakan untuk menentukan tingkat validitas media pembelajaran yang telah dibuat. Media yang dikembangakan ini terintegrasi dengan pertanyaan prompting yang dapat membantu siswa dalam menemukan konsep. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap penelitan pendahuluan (preliminary research), tahap prototipe (prototyping stage), dan tahap penilaian (assesement phase) (penelitian ini dilakukan sampai tahap prototipe III). Media pembelajaran ini divalidasi oleh dosen kimia FMIP A UNP, dosen FT UNP dan guru kimia SMAN 4 Padang dengan menggunakan instrumen berupa lembar validasi. Hasil penilaian terhadap validasi konten, konstuk, dan ahli media diolah menggunakan formula Aiken's V dengan rata-rata nilai V secara berturut sebesar 0.93; 0.94; 0.92 sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran yang telah dikembangkan valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:43
Last Modified: 22 Apr 2022 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37743

Actions (login required)

View Item View Item