Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Laju Reaksi untuk Siswa SMA/MA Kelas XI

Ramadhansyah, Ramadhansyah (2021) Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Laju Reaksi untuk Siswa SMA/MA Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_RAMADHANSYAH_17035161_4361_2021.pdf

Download (869kB) | Preview

Abstract

Mewabahnya virus Covid-19,yang ditetapkan oleh WHO sebagai pandemi global pada awal Maret 2020, menyebabkan terjadinya perubahan yang signifikan terhadap banyak aspek di dunia, termasuk Indonesia, diantaranya dalam aspek pendidikan. Pemerintah mengambil kebijakan pembelajaran beralih dari sistem luring ke sistem online ( daring). Untuk menghadapi perubahan itu, maka guru sebagai salah satu komponen dalam pendidikan, perlu mempersiapkan bahan ajar agar bisa digunakan dalam pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengungkap tingkat validitas dan kepraktisan sistem pembelajaranflipped classroom berbasis inkuiriterbimbing pada materi laju reaksi di sekolah menengah atas. J enis penelitian yang dilakukan adalah Development Research dengan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian ini adalah dosen kimia Universitas Negeri Padang, guru kimia SMAN 8 Padang, dan siswa kelas XI IPA SMAN 8 Padang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, dan lembar kepraktisan. Validasi dilakukan oleh 2 dosen kimia, 1 guru kimia dan satu bandingsatu oleh 3 siswa. Uji kepraktisan dilakukan terhadap 15 siswa kelas XI IPA SMAN 8 Padang. Data validitas yang diperoleh sebesar 0,85 pada kategori valid dan uji kepraktisan dengan nilai 87 pada kategori kepraktisan sangat tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model ini valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:27
Last Modified: 21 Apr 2022 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37734

Actions (login required)

View Item View Item