Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA

Febrila, Putty Zinda (2021) Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_PUTTY_ZINDA_FEBRILA_17035035_4983_2021.pdf

Download (552kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul kesetimbangan kimia berbasis guided discovery learning untuk kelas XI SMA/MA dan mengungkapkan tingkat validitas serta praktikalitasnya. Jenis penelitian ini adalah development studies dengan model pengembangan Plomp yang terdiri atas 3 tahap, yaitu (a) preliminary research; (b) prototyping phase; dan (c) assessment phase. Uji validitas e-modul dilakukan oleh tiga orang dosen kimia FMIPA UNP, tiga orang dosen teknik informatika FT UNP, dan empat orang guru kimia. Uji praktikalitas dilakukan oleh empat orang guru kimia dan 25 orang siswa kelas XII MAN 1Payakumbuh tahun ajaran 2021/2022. Instrumen pengumpulan data yangdigunakan adalah angket validitas dan praktikalitas. Hasil validitas konten e- modul dianalisis menggunakan formula CVR, sedangkan hasil validitas konstruk, validitas media dan praktikalitas dianalisis menggunakan formula Aiken's V. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata CVR validitas konten e-modul sebesar 0,90 dengan kategori valid. Nilai rata-rata Aiken's V untuk validitas konstruk dan media berturut-turut adalah 0,84 dan 0,86 dengan kategori valid. Hasil analisis data praktikalitas oleh guru dan siswa diperoleh 0,85 dan 0,82 dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa e-modul kesetimbangan kimia berbasis guided discovery learning untuk kelas XI SMA/MA yang dikembangkan telah valid dan praktis. Oleh karena itu penelitian ini dapat dilanjutkan ke tahap uji efektifitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:22
Last Modified: 21 Apr 2022 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37733

Actions (login required)

View Item View Item