Karakteristik Bunyi dan Kosakata Bahasa Jawa Dialek Madiun dan Bahasa Jawa Dialek Banyumas di Desa Tirta Mulya Provinsi Jambi

Ramdani, Zulfka (2022) Karakteristik Bunyi dan Kosakata Bahasa Jawa Dialek Madiun dan Bahasa Jawa Dialek Banyumas di Desa Tirta Mulya Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_ZULFIKA_RAMDANI_17017078_155_2022.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) perbedan bunyi-bunyi apa sajakah yang terdapat dalam bahasa Jawa dialek Madiun dan bahasa Jawa dialek Banyumas di Desa Tirta Mulya, Kecamatan Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi; (2) bagaimanakah bentuk-bentuk perubahan bunyi antara bahasa Jawa dialek Madiun dan bahasa Jawa dialek Banyumas di Desa Tirta Mulya, Kecamatan Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi; (3) kosakata apa sajakah yang berbeda dalam bahasa Jawa dialek Madiun dan bahasa Jawa dialek Banyumas di Desa Tirta Mulya, Kecamatan Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah fonem, morfem, dan kosakata yang diucapkan oleh masyarakat penutur bahasa Jawa dialek Madiun dan Jawa dialek Banyumas di desa Tirta Mulya, Provinsi Jambi melalui wawancara dengan narasumber dengan menggunakan 200 kosakata Swadesh dan 300 kosakata budaya kepada informan dengan tujuan agar mendapat bukti yang kuat untuk mengetahui di mana letak perbedaan dialek tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dengan empat teknik, yaitu (1) pancing, (2) cakap semuka, (3) rekam, dan (4) catat. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini, terdapat tiga temuan tentang karakteristik bunyi dan kosakata. Pertama, terdapat 116 bentuk perbedaan bunyi dalam bahasa Jawa dialek Madiun dan bahasa Jawa dialek Banyumas di Desa Tirta Mulya. Perbedaan bunyi tersebut dapat dikelompokan atas penambahan, pengurangan, dan perubahan. Kedua, terdapat 96 jenis-jenis perbedaan bentuk bunyi, yang terdiri dari kompresi, subtitusi, haplologi, aferasis, dan split, dalam bahasa Jawa dialek Madiun dan bahasa Jawa dialek Banyumas di Desa Tirta Mulya. Ketiga, terdapat perbedaan dari segi kosakata, yaitu 494 kosakata dari 500 data yang di tanyakan kepada narasumber yang meliputi persamaan, perbedaan, dan kemiripan kosakata dalam bahasa Jawa dialek Madiun dan bahasa Jawa dialek Banyumas di Desa Tirta Mulya, Provinsi Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:10
Last Modified: 21 Apr 2022 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37731

Actions (login required)

View Item View Item