Struktur, Isi, dan Kebahasaan Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sutera

Alvionita, Mutiara (2022) Struktur, Isi, dan Kebahasaan Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sutera. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MUTIARA_ALVIONITA_17016154_216_2022.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sutera. Kedua, mendeskripsikan isi teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sutera. Ketiga, mendeskripsikan kebahasaan teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sutera. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah data kualitatif berupa struktur, isi, dan kebahasaan teks prosedur siswa. Sumber data penelitian ini adalah tulisan teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sutera. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi (cross-chek). Data dianalisis dengan langkah-langkah, yaitu (1) peneliti membaca dan memahami teks prosedur. (2) menandai bagian-bagian yang berkaitan dengan struktur, isi, dan kebahasaan teks prosedur. (3) menganalisis teks berdasarkan aspek yang diteliti, yaitu struktur, isi, dan kebahasaan teks prosedur. (4) hasil analisis di cek kembali oleh informan. (5) membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan dua hal sebagai berikut. Pertama, struktur teks prosedur. Struktur teks terdiri atas judul, tujuan, alat atau bahan, langkah-langkah, dan penutup. Identifikasi atau gambaran umum dalam teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sutera secara keseluruhan telah memiliki judul. Selanjutnya, tujuan. Tujuan yang ditulis siswa secara umum sudah menggunakan tujuan dalam membuat teks prosedur. Hal tersebut terbukti dari 30 teks yang dianalisis 23 teks yang memiliki tujuan. Selanjutnya alat atau bahan, serta langkah-langkah. Semua teks prosedur memiliki alat atau bahan, sdan memiliki langkah-langkah. Terakhir bagian penutup. Siswa belum mampu menuliskan penutup yang baik dalam membuat teks prosedur. Hal ini terbukti dari 30 teks yang dianalisis hanya 14 teks yang memiliki penutup. Kedua, dilihat dari segi isi, dari 30 sumber data ditemukan 20 teks prosedur yang memiliki isi teks prosedur yang lengkap, dan ditemukan 10 teks prosedur yang tidak lengkap. Ketiga, kebahasaan. Kebahasaan yang dianalisis ada tiga yaitu, kalimat imperatif, adverbia, dan konjungsi. Dari 30 sumber data ditemukan 158 kalimat imperatif yang terdiri atas 115 kalimat imperatif yang tepat dalam penulisannya dan 43 kalimat imperatif yang tidak tepat dalam penulisannya. Dari 30 sumber data ditemukan 56 adverbia. Dari 30 sumber data penelitian ditemukan 383 konjungsi yang terdiri atas 364 konjungsi yang tepat dan 19 konjungsi yang tidak tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:09
Last Modified: 21 Apr 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37727

Actions (login required)

View Item View Item