Praktikalitas dan Efektivitas Modul Hidrolisi Garam Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA

Rauuf, Muhammad Fani (2021) Praktikalitas dan Efektivitas Modul Hidrolisi Garam Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MUHAMMAD_FANI_RAUUF_17035027_5334_2021.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

Pada penelitian terdahulu telah tersedia modul hidrolisis garam berbasis guided discovery learning yang telah valid, namun belum diuji praktikalitas dan efektifitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktikalitas dan efektivitas modul hidrolisis garam berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa SMA yang sudah diperoleh validitasnya. Dalam penelitian ini dilakukan mulai dari tahapan pembentukan prototipe II pembentukan prototipe III (uji praktikalitas) sampai tahap penilaian (uji efektivitas ). Uji efektivitas dilakukan melalui penelitian eksperimen semu dalam rancangan non-equivalent control group design. Populasi teridiri dari siswa kelas XI MIP A dan XII MIP A di SMAN 13 Padang dan Sampel dipilih dengan teknik puposive sampling dan terpilih kelas XI MIP A 2 sebagai kelas ekspermen dan kelas XI MIP A 3 sebagai kelas konstrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada uji praktikalitas berupa angket praktikalitas dan lembar jawaban siswa dalam modul. Instumen uji efektivitas berupa multiple choice test. Dari hasil penelitian diperoleh nilai formula Aiken 's V untuk tahap small group danfiled test sebesar 0,72 dan 0,73 dengan kategori tinggi. Dari hasil analisis efektifitas modul diperoleh nilai N-gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Dari hasil analisis hasil uji t pada taraf 0,05 thitung (2,064) > ttabel (1,984). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul hidrolisis garam berbasis guided discovery learning praktis dan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAN 13 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:07
Last Modified: 21 Apr 2022 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37713

Actions (login required)

View Item View Item