Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Pidato Persuasif dengan Keterampilan Menulis Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Batang Anai

Putri, Citra Syadrianti (2022) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Pidato Persuasif dengan Keterampilan Menulis Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_CITRA_SYADRIANTI_PUTRI_18016009_681_2022.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks pidato persuasif siswa kelas IX SMP Negeri 3 Batang Anai. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks pidato persuasif siswa kelas IX SMP Negeri 3 Batang Anai. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman teks pidato persuasif dengan keterampilan menulis teks pidato persuasif siswa kelas IX SMP Negeri 3 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 3 Batang Anai yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 223 siswa yang tersebar di tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 orang. Sampel penelitian diambil sebesar 20% menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes, yaitu tes objektif keterampilan membaca pemahaman teks pidato persuasif dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks pidato persuasif. Hasil penelitian ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks pidato persuasif siswa kelas IX SMP Negeri 3 Batang Anai berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata hitung 67,12. Kedua, keterampilan menulis teks pidato persuasif siswa kelas IX SMP Negeri 13 Mukomuko berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata hitung 72,09. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks pidato persuasif dengan keterampilan menulis teks pidato persuasif siswa kelas IX SMP Negeri 3 Batang Anai dengan derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung (21,73) lebih besar daripada ttabel (1,68). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks pidato persuasif berkorelasi positif dengan keterampilan menulis teks pidato persuasif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:06
Last Modified: 21 Apr 2022 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37711

Actions (login required)

View Item View Item