Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Koloid untuk SMA/MA

Fatmawati, Mira (2021) Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Koloid untuk SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MIRA_FATMAWATI_17035072_4081_2021.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Era revolusi 4.0 merupakan era dimana adanya digitalisasi diberbagai bidang terutama bidang pendidikan. Perkembangan teknologi yang begitu pesat dapat menjadi peluang dalam mengembangkan ide-ide dan inovasi pembelajaran. Salah satu inovasi dalam pembelajaran pada era digitalisasi ini adalah dengan membuat e-modul sebagai bahan ajar dalam bentuk elektronik. E-modul dibuat menggunakan tahapan pembelajaran contextual teaching and learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menentukan kevalidan serta kepraktisan dari e-modul. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian ini adalah dosen kimia FMIPA UNP, guru kimia, dan peserta didik kelas XII MIPA 2 SMAN Lembang Jaya tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian berupa lembar wawancara peserta didik, angket uji validitas, dan angket uji praktikalitas. Data penelitian adalah data primer yang didapatkan secara langsung dari subjek penelitian. Data penelitian dianalisis menggunakan rumus Aiken's dan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh suatu e-modul berbasis CTL pada materi sistem koloid. E-modul mempunyai nilai rata-rata validitas 0,90, praktikalitas oleh guru 95%, dan praktikalitas oleh peserta didik 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul sudah valid dan praktis serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:06
Last Modified: 21 Apr 2022 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37710

Actions (login required)

View Item View Item