Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMAN 8 Padang

Muliani, Anisah Tri (2022) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMAN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ANISAH_TRI_MULIANI_18016063_575_2022 (1).pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis metode eksperimen pada penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experimental research). Rancangan atau desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah statis dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pertama-tama diberikan perlakuan tanpa menggunakan media pembelajaran e-book interaktif berbasis kearifan lokal (kontrol) dan menggunakan media pembelajaran e-book interaktif berbasis kearifan lokal (eksperimen), selanjutnya dilakukan pengukuran untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data penelitian ini adalah skor dan nilai tes kelas kontrol dan kelas eksperimen menulis teks eksplanasi tanpa dan menggunakan media pembelajaran e-book interaktif berbasis kearifan lokal siswa kelas XI SMAN 8 Padang. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 5 SMAN 8 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. instrument yang digunakanuntuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 8 Padang tanpa menggunakan media pembelajaran e-book interaktif berbasis kearifan lokal berada pada kualifikasi Cukup (C). dengan nilai rata-rata 65,49. Keterampilan menulis teks eksplanasi menggunakan media pembelajaran e-book interaktif berbasis kearifan lokal berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 76,015. Berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif ( ) diterima pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan dk= ( + -2 karena > (9,67> 1,67). Dengan kata lain, penggunaan media pembelajaran e-book interaktif berbasis kearifan lokal berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 8 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:05
Last Modified: 21 Apr 2022 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37708

Actions (login required)

View Item View Item