Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Reaksi Redoks dan Elektrokimia Untuk Kelas XII SMA/MA

Rizkivany, Lolita (2021) Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Reaksi Redoks dan Elektrokimia Untuk Kelas XII SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_LOLITA_RIZKIVANY_17035069_4938_2021.pdf

Download (874kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda ratusan negara di dunia termasuk Indonesia. Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap berbagai bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan, hal ini menyebabkan peralihan sistem pembelajaran ke pembelajaran online. Selain itu, kurikulum 2013 menuntut pembelajaran berpusat pada peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangan sistem pembelaj aran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing pada materi reaksi redoks dan elektrokimia dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas sistem pembelajaran yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Instrument penelitian berupa lembar validasi dan angket praktikalitas. Berdasarkan hasil analisis angket validitas diperoleh nilai sebesar 0,86 dengan kategori valid. Hasil analisis uji praktikalitas diperoleh pesentase respon peserta didik sebesar 86% dengan kategori sangat praktis dan persentase respon guru sebesar 93% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pembelajaran yang dikembangkan valid dan praktis digunakan sebagai solusi dalam pelaksanaan pembelajaran secara online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:05
Last Modified: 21 Apr 2022 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37707

Actions (login required)

View Item View Item