Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Koloid Untuk Kelas XI SMA/MA

Aulia, Kinten Nafa (2021) Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Koloid Untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_KINTEN_NAFA_AULIA_17035103_4714_2021.pdf

Download (761kB) | Preview

Abstract

Mewabahnya virus Corona ( Covid-19) ke indonesia pada maret 2020 menyebabkan terjadinya peralihan sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran daring. Dengan diberlakukannya sistem pembelajaran daring ini siswa dituntut untuk tetap aktif dalam proses belajar dan guru juga dituntut mampu menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru dalam menyediakan suatu sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem koloid yang berpusat pada siswa dan menguji tingkat validitas dan praktikalitas sistem pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan plomp. Berdasarkan analisis data menunjukan bahwa sistem pembelajaran telah valid menurut penilaian ahli dengan nilai V 0,82 dan sangat praktis dengan presentase kepraktisan 88%. Hasil Penelitian tersebut menunjukan bahwa sistem pembelajaran yang dikembangkan valid dan praktis serta dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:53
Last Modified: 20 Apr 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37702

Actions (login required)

View Item View Item