Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Tematik Terpadu Kelas IV SD.

Amna, Zikri Yanti (2022) Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Tematik Terpadu Kelas IV SD. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_6_ZIKRI_YANTI_AMNA_16129133_4001_2020.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik terpadu merupakan pembelajaran yang terpadu menggunakan tema yang mengaitkan beberapa mata pelajaran agar pembelajaran tersebut memberikan pengalaman yang bermakna bagi peserta didik, Faktanya hasil belajar di sekolah dasar belum sesuai dengan yang diharapkan. Berkaitan dengan masalah tersebut maka diperlukan suatu pemecahan masalah untuk mengatasinya, salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat agar hasil belajar optimal sehingga hasil yang diperoleh oleh siswa dapat memuaskan. Salah satu model yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu model Discovery Lerning. Pada hakekatnya pengetahuan seharusnya dicari dan ditemukan sendiri oleh siswa, guru dalam proses pembelajaran hanya perperan sebagai fasilitator dan motivator bagi siswa. Dengan penerapan model Discovery Learning ini diharapkan siswa dapat menemukan konsep dari materi yang dipelajarinya dengan kemampuannya sendiri, dan melatih siswa untuk menemukan konsep materi dengan mencari data, fakta dan informasi yang mendukung siswa dapat menarik kesimpulan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian studi pustaka (Literatur Research), yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti yang dilakukan dengan cara melakukan analisa terhadap literatur yang berkaitan dengan topik yang akan diteliti. Berdasarkan penelitian study leteratur yang telah peneliti lakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning pembelajaran menggunakan model Discovery Learning meningkatkan pemahaman bagi siswa sehingga hasil belajar di sekolah dasar meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:53
Last Modified: 20 Apr 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37701

Actions (login required)

View Item View Item