Meningkatan Hasil Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together di Kelas V SDN 09 Sijunjung.

Jade, Yully (2022) Meningkatan Hasil Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together di Kelas V SDN 09 Sijunjung. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_6_YULLY_JADE_17022235_4055_2020.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pada pembelan tematik terpadu di Kelas V SDN 09 Sijunjung, Guru terlihat belum mekasanakan pembelajaran tematik terpadu yang mengedepankan kepada aktivitas peserta didik sehingga peserta didik belum aktif, peserta didik kurang berkerjasama dalam berdiskusi, dan peserta didik kurang bertanggung jawab antar anggota kelompoknya saat berdiskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Meningkatan hasil belajar Peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT) di kelas V SDN 09 Sijunjung. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus, dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses pelaksanaan yang diperoleh dari hasil pengamatan RPP, aspek guru, dan aspek peserta didik serta hasil belajar. Sumber data adalah perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar pembelajaran tematik terpadu dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together( NHT). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari setiap siklusnya dimana siklus I a) pengamatan RPP diperoleh nilai rata-rata 83,92% dengan kualifikasi B, nilai meningkat pada siklus II menjadi 92,58% dengan kualifikasi SB, b) aspek guru diperoleh nilai rata-rata 81,24% dengan kualifikasi B, meningkat di siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi SB, c) aspek peserta didik diperoleh nilai rata-rata 82,81% dengan kualifikasi B, meningkat di siklus II menjadi 96,68% kualifikasi SB, dan d) siklus I hasil belajar diperoleh nilai rata-rata 71,20 dengan kualifikasi C. meningkat pada siklus II menjadi 96,96 dengan kualifikasi SB. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together( NHT). dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif, Pembelajaran Tematik, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:53
Last Modified: 20 Apr 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37700

Actions (login required)

View Item View Item