Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Berbentuk Jendela di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Lubuk Begalung Padang

Yosmelia, Yosmelia (2022) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Berbentuk Jendela di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Lubuk Begalung Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_6_YOSMELIA_16129439_4007_2020.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian adalah belum memiliki kemampuan mengenal kata anak dalam hal menyebutkan kata sesuai gambar, menyebutkan huruf awal pada kata, mengelompokkan kata dengan huruf awal yang sama dan menungkapkan pendapat tentang gambar pada kartu kata bergambar berbentuk jendela. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal kata melalui permainan kartu kata bergambar berbentuk jendela. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian anak usia dini kelompok B6 berjumlah 8 orang anak terdiri dari 4 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi dan hasil penilaian diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal kata anak melalui permainan kartu kata bergambar berbentuk jendela, dimana pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan kemampuan kata anak 88%. Disimpulkan bahwa permainan kartu kata bergambar berbentuk jendela dapat meningkatkan kemampuan mengenal kata anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Lubuk Begalung Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Taman Kanak-Kanak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:53
Last Modified: 20 Apr 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37699

Actions (login required)

View Item View Item