Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) di Kelas V SD Negeri 13 Gadut

Afiska, Yola (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) di Kelas V SD Negeri 13 Gadut. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_6_YOLA_AFISKA_16129243_4259_2020.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dan dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu guru kurang memberikan siswa kesempatan berpikir mencari jawaban atas permasalahan yang diberikan sehingga siswa sulit menyampaikan ide atau gagasannya saat belajar dan guru belum mengkondisikan siswa dalam belajar kelompok.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) di kelas V SD Negeri 13 Gadut yang meliputi; a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Hasilbelajar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 13 Gadut dengan jumlah 26 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I rata-rata 86,37% (baik) dan siklus II 95,45% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I rata-rata 89,28% (baik) dan siklus II 96,42% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek siswa siklus I rata-rata 89,28% (baik), dan siklus II 96,42% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 67,57(kurang) dan siklus II 90,20 (sangat baik) . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Model Kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:53
Last Modified: 20 Apr 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37698

Actions (login required)

View Item View Item