Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik terpadu dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik di Kelas II SDN Atar Kabupaten Tanah Datar

Arianti, Widya (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik terpadu dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik di Kelas II SDN Atar Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_6_WIDYA_ARIANTI_16129426_4123_2020.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada proses pembelajaran yang masih cenderung teacher centred (berpusat pada guru), masih terdapat beberapa langkah saintifik yang belum terlaksana secara optimal dan guru kurang memberikan konsep yang nyata bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa tematik terpadu dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester I Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas II sebanyak 25 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Hasil penelitian siklus I pada RPP rata-rata 76,11% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru ratarata 79,5% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas siswa rata-rata 81,06% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 90,62% (sangat baik). Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 71, 22 (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 82,24 (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:53
Last Modified: 20 Apr 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37697

Actions (login required)

View Item View Item