Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Pecahan terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN Gugus 1 Kecamatan Guguk Panjang Bukittinggi

Wiranda, Utari (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Pecahan terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN Gugus 1 Kecamatan Guguk Panjang Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_6_UTARI_WIRANDA_16129235_4107_2020.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika , dimana masih banyak siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ketika diberikan ulangan harian. Serta kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran matematika karena kurangnya minat belajar dan jarangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis android pada materi pecahan terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental, desain yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Guguk Panjang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik Purposive Sampling. Terpilih dua kelas sampel yang masing-masing dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif. Hasil penelitian yang di peroleh thitung 24,791 dan ttabel adalah 1,69 sehingga didapatkan thitung > ttabel dimana 24,791 > 1,69 dan mean kelompok kontrol = 76,89 dan mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 79,56. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa Haditerima, yaitu terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis android pada materi pecahan terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN Gugus 1 Kecamatan Guguk Panjang Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Android, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:53
Last Modified: 20 Apr 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37696

Actions (login required)

View Item View Item