Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Advin, Reza (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_6_REZA_ADVIN_16129102_3978_2020.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru masih menggunakan model konvensional saat pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Team Quiz terhadap hasil belajar tematik terpadu kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, dan desain penelitian True Eksperimental Design. Pengambilan data sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster random sampling. Kelas IV A SDN 32 Sungai Jaring sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B SDN 32 Sungai Jaring sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes objektif dengan bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh thitung > ttabel yakni 3,49 > 2,02 dengan α =0,05 yang berarti H0 ditolak. Rata-rata hasil belajar siswa yang diukur dengan posttest setelah dilakukan pembelajaran, yakni pada kelas eksperimen 78,65 dan kelas kontrol 66,95 . Sehingga Ha diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz terhadap hasil belajar tematik terpadu kelas IV SD Gugus II Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Belajar Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:52
Last Modified: 20 Apr 2022 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37693

Actions (login required)

View Item View Item