Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 04 Batu Putiah Agam

Istiqamah, Rahma (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 04 Batu Putiah Agam. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_6_RAHMA_ISTIQAMAH_16129381_4100_2020.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SDN 04 Batu Putiah masih terpusat pada guru, guru belum maksimal mengaitkan antar mata pelajaran, guru kurang memberikan masalah sesuai dengan kehidupan nyata peserta didik dan kurang memupuk kemampuan peserta didik untuk memecahkan masalah, sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 04 Batu Putiah Agam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian guru dan peserta didik kelas IV dengan jumlah peserta didik 19 orang dan peneliti berperan sebagai praktisi serta guru kelas dan teman sejawat sebagai observer. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, perencanaan pembelajaran memperoleh rata-rata dari 80,69% (B) menjadi 95,45% (A), aktivitas guru dari 81,25% (B) menjadi 96,87% (A), aktivitas peserta didik dari 81,25% (B) menjadi 96,87% (A), dan rata-rata hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan yaitu 78,68 menjadi 90,11, serta pada aspek keterampilan memperoleh rata-rata 75,72 menjadi 90,79. Dengan demikian penelitian tindakan kelas dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 04 Batu Putiah Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Pembelajaran Tematik, Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:52
Last Modified: 20 Apr 2022 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37692

Actions (login required)

View Item View Item