Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik terpadu Menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT) di Kelas V SDN 14 Sungai Sirah Pesisir Selatan.

Atika, Nur (2022) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik terpadu Menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT) di Kelas V SDN 14 Sungai Sirah Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_6_NUR_ATIKA_16129086_4250_2020.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di SDN 14 Sungai Sirah Pesisir Selatan bahwa pembelajaran tematik terpadu kurang terlaksana dengan baik, dimana guru kurang menggunakan model yang sesuai dengan karakteristik peserta didik yang lebih senang bermain dan melakukan sesuatu secara lansung sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dan saat pembelajaran berlansung. Tujuan penelitian ini secara umum untuk meningkatkan meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) di kelas V SDN 14 Sungai Sirah Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V sebanyak 28 orang, yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan sebanyak II Siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 80,55% dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 80,35 % dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II 96,42% dengan kualifikasi (SB). Sedangkan nilai ratarata aspek peserta didik siklus I diperoleh 80,35 % dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II 96,42% dengan kualifikasi (SB). Dari hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 72,05 dengan kualifikasi Cukup (C) sedangkan pada siklus II hanya satu kali pertemuan dengan hasil 85,4 dengan kualifikasi sangat Baik (SB). Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan proses belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN 14 Sungai Sirah Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran tematik, Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:52
Last Modified: 20 Apr 2022 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37690

Actions (login required)

View Item View Item