Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Pecahan Senilai dengan Menggunakaan Model Problem Based learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 01 Ladang Laweh Kabupaten Agam

Amelia, Minda Suci (2022) Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Pecahan Senilai dengan Menggunakaan Model Problem Based learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 01 Ladang Laweh Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_6_MINDA_SUCI_AMELIA_16129349_4108_2020.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dengan observasi, menunjukkan hasil belajar siswa rendah. Karena pembelajaran hanya berpusat pada guru dan pembelajaran kurang dikaitkan dengan masalah.Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Pecahan dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD N 01 Ladang Laweh Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian 16 peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Ladang Laweh. Data penelitian berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan dan hasil tes peserta didik yang diperoleh dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pecahan. Dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I adalah 82,5% (B) meningkat pada siklus II menjadi 95% (SB), juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan aspek guru pada siklus I; 85,6% (B) meningkat siklus II menjadi 92,8% (SB). Pada aspek peserta didik didapat rata-rata siklus I; 82,1% (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,8% (SB). Sedangkan rata-rata penilaian hasil belajar peserta didik pada siklus I 75,8 (B) meningkat pada siklus II yaitu 84,7 (B).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Problem Based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:52
Last Modified: 20 Apr 2022 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37688

Actions (login required)

View Item View Item