Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid Berbasis Discovery Learning dan Multiple Representasi dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Sari, Zulfiati Rahmi Permata (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid Berbasis Discovery Learning dan Multiple Representasi dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ZULFIATI_RAHMI_PERMATA_SARI_17176018_2612_2021.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD sistem koloid berbasis discovery learning dan multiple representasi untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan plomp. Uji lapangan dilakukan pada 2 sekolah yaitu SMAN 1 Pariaman dan SMAN 3 Pariaman. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar wawancara, angket dalam bentuk lembar validitas dan praktikalitas, soal objektif dan soal keterampilan berfikir kritis. Hasil validasi diperoleh tingkat kevalidan sedang (V = 0,63). Hasil praktikalitas peserta didik kelompok kecil sangat tinggi k = 0,834 (SMAN 1 Pariaman) dan k = 0,829 (SMAN 3 Pariaman). Pada uji lapangan diperoleh hasil praktikalitas sangat tinggi (k = 0,815) sedangkan praktikalitas oleh guru tinggi (k = 0,74). Uji hipotesis hasil belajar menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol pada sekolah dengan keterampilan siswa tinggi maupun sedang. Hasil uji hipotesis keterampilan berfikir kritis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan berfikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, baik pada kedua sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:52
Last Modified: 20 Apr 2022 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37687

Actions (login required)

View Item View Item