Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA

Listiningsih, Engle (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ENGLE_LISTININGSIH_16035108_4685_2021.pdf

Download (727kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan ransangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologi terhadap peserta didik. Salah satu tuntutan ideal Kurikulum 2013 adalah pemanfaatan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media pembelajaran powerpoint interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran powerpointinteraktif pada materi termokimia kelas XI SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini termasuk jenis Research and Development dengan model pengembangan yang akan digunakan adalah 4-D ( 4 D Models), yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Dibatasi sampai tahap develop uji praktikalitas. Uji validitas ditentukan dengan angket yang terdiri dari angket untuk uji validitas konstruk dan angket uji validitas konten.Uji praktikalitas juga ditentukan dengan angket yang terdiri dari angket respon guru dan respon peserta didik. Angket uji validitas akan diisi oleh lima orang validator yang terdiri dari dua orang dosen kimia dan tiga orang guru kimia. Uji praktikalitas dilakukan di SMA N 1 Ranah Pesisir dengan tiga orang guru kimia dan peserta didik kelas MIP A 1. Teknik analisis data validitas dilakukan dengan skala Aiken's V dan Lawshe 's CVR dan untuk praktikalitas menggunakan statistic deskriptif. Hasil uji validitas konstruk sebesar 0.88 dengan nilai validitas fungsi atensi sebesar 0.87, fungsi afektif sebesar 0.85, fungsi kognitif sebesa 0.88 dan fungsi pensantoris sebesar 0.93 dengan kategori valid. Hasil uji validitas konten sebesar 1 dengan kategori valid. Hasil analisis uji praktikalitas guru diperoleh sebesar 87.4% dan praktiklitas siswa sebesar 94% dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:51
Last Modified: 20 Apr 2022 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37684

Actions (login required)

View Item View Item