Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Faktor-faktor Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA/MA

Zulmi, Anita (2021) Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Faktor-faktor Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ANITA_ZULMI_17035126_4036_2021.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan kimia merupakan materi yang masih sulit bagi siswa SMA, siswa mengalami miskonsepsi dan mempunyai pemahaman dan motivasi belajar yang rendah. Tuntutan pada kurikulum 2013 seharusnya pembelajaran bersifat student-centered dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi faktor-faktor mempengaruhi pergeseran kesetimbangan kimia kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah development research dengan menggunakan model Plomp. Media pembelajaran PowerPoint-iSpring diintegrasikan dengan pertanyaan menuntun (prompting) untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa. Pertanyaan dilengkapi denganfeedback jawaban benar atau salah sehingga siswa dapat dituntun dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran PowerPoint- iSpring juga berisi soal kuis dan soal evaluasi untuk dapat mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi faktor-faktor mempengaruhi pergeseran kesetimbangan kimia. Instumen analisa data yang digunakan berupa lembar validitas. Validasi yang dilakukan diolah dengan menggunakan Aiken's V memperoleh skor rata-rata validitas konten, validitas konstruk, dan validitas ahli media 0,091;0,907;0,933 dengan kategori valid. Penelitian ini perlu dilakukan tindak lanjut berupa uji praktikalitas dan uji efektifitas untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifitasan media yang telah dikembangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:53
Last Modified: 19 Apr 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37683

Actions (login required)

View Item View Item