Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik terpadu dengan Pendekatan Saintifik di Kelas II SDN 08 Atar Kabupaten Tanah Datar

Sukma, Hennita (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik terpadu dengan Pendekatan Saintifik di Kelas II SDN 08 Atar Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_6_HENNITA_SUKMA_16129152_4151_2020.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada proses pembelajaranyang masihcenderung teacher centred(berpusatpadaguru),masihterdapatbeberapa langkahsaintifikyang belumterlaksanasecaraoptimaldangurukurang memberikankonsepyang nyata bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa tematik terpadu dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas II sebanyak 23 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Hasil penelitian siklus I pada RPP rata-rata 76,11% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 91,6% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata-rata 79,68% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas siswa rata-rata 81,24% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (sangat baik). Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 72,69 (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 84,91 (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:52
Last Modified: 19 Apr 2022 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37679

Actions (login required)

View Item View Item