Analisis Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA

Haq, Emha Martitah (2022) Analisis Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_3_EMHA_MARTITAH_HAQ_1204698_4105_2020.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di sekolah pada mata pelajaran IPA terlihat bahwa siswa pasif dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran, serta kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar. Hal ini disebabkan karena kurang bervariasinya penggunaan media dalam pembelajaran, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar. Penggunaan media video dalam pembelajaran diharapkan mampu mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif menggunakan kajian kepustakaan (library research) yang menggambarkan pengaruh penggunakan media video terhadap hasil belajar siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung berdasarkan hasil analisis. Sumber data yang digunakan berupa sumber tertulis sepertijurnal, skripsi dan buku yang relevan. Data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis, tidak semata-mata menguraikan tetapi juga memberikan pemahaman dan penjelasan secukupnya. Hasil penelitian menunjukkan,bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media video mempengaruhi hasil belajar siswa pada tingkat tinggi SD, SMP, serta SMA. Hal ini terlihat dari hasil analisis yang dilakukan terhadap 10 jurnal pengaruh pengunaan media video pada pembelajaran IPA tingkat tinggi SD, 5 jurnal pada tingkat SMP, serta 4 jurnal dan 2 skripsi tingkat SMA pada mata pelajaran IPA/Sains. Pada proses pembelajaran siswa yang menggunakan media video terlihat adanya perbedaan hasil belajar, siswa yang menggunakan media video memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media video. Hal ini dikarenakan penggunaaan media video dapat membuat siswa lebih tertarik dan memiliki minat belajar yang tinggi serta memberikan pengalaman yang lebih konkret, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami dan mempelajari materi yang diajarkan. Hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Video, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:33
Last Modified: 18 Apr 2022 07:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37673

Actions (login required)

View Item View Item