Pengujian Sifat Akustik Pada Panel Komposit Serat Ampas Tebu Dengan Matriks Limbah Plastik Polypropylene Dan Pengisi Sludge Kertas

Putri, Deby Kurnia (2021) Pengujian Sifat Akustik Pada Panel Komposit Serat Ampas Tebu Dengan Matriks Limbah Plastik Polypropylene Dan Pengisi Sludge Kertas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DEBY_KURNIA_PUTRI_17034065_5820_2021.pdf

Download (898kB) | Preview

Abstract

Peningkatan penggunaan peralatan listrik dan mekanik di lingkungan industri telah menimbulkan kekhawatiran akan kebisingan. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/Menkes/Sk/xi/2002, di dalam ruangan kerja batas kebisingan yang diperbolehkan yaitu 85 dB. Lebih dari standar tersebut dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Pembuatan material peredam kebisingan menjadi salah satu solusi bagi permasalahan tersebut. Pada penelitian beberapa tahun kebelakang telah banyak dikembangkan bahan peredam kebisingan, baik dari bahan terbarukan maupun tidak terbarukan. Penggunaan bahan tidak terbarukan selain merusak lingkungan juga memerlukan biaya yang mahal, sehingga pada penelitian ini dibuat komposit peredam kebisingan dengan bahan penguat serat ampas tebu, matriks limbah plastik polypropylene (PP) dan bahan pengikat sludge kertas, yang mana penggunaan campuran bahan tersebut belum pemah dibuat sebelumnya dan diharapkan dapat mengurangi kebisingan dengan memanfaatkan bahan terbarukan, ramah lingkungan dan memerlukan biaya yang murah. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian sifat akustik pada panel komposit ampas tebu dengan matriks limbah plastik polypropylene dan pengisi sludge kertas. Pembuatan komposit dibuat dengan metode hand lay up. Komposisi Komposit 60% limbah sludge kertas, 40% limbah plastik PP hitam dan 2% serat ampas tebu dari jumlah limbah sludge kertas dan limbah plastik PP hitam. Sifat akustik yang diuji adalah absorbsi bunyi dan refleksi bunyi dengan mencari koefisien masing-masingnya. Pengujian menggunakan alat tabung impedansi satu mikrofon. Dengan memvariasikan ketebalan panel komposit 12 mm, 15 mm, dan 18 mm. Kemudian frekuensi 500 Hz, 1000 Hz, 2000 Hz, 4000 Hz, dan 8000 Hz. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh hubungan, jika ketebalan panel komposit bertambah maka nilai koefisien absorbsi juga meningkat, berlaku sebaliknya untuk koefisien refleksi jika ketebalan panel komposit bertambah maka nilai koefisien refleksi menurun. Selanjutnya hubungan nilai koefisien absorbsi pada frekuensi membentuk kecendrungan yaitu pada frekuensi 500 Hz sampai 2000 Hz mengalami penurunan kemudian dari frekuensi 2000 Hz sampai 8000 Hz mengalami kenaikan. Panel komposit dengan ketebalan 12 mm, 15 mm dan 18 mm memiliki sifat akustik yang baik karena memiliki nilai koefisien absorbsi diatas standar ISO 11654 yaitu 0,150. Komposit ini cocok meredam kebisingan pada frekuensi tinggi dan frekuensi rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:22
Last Modified: 18 Apr 2022 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37664

Actions (login required)

View Item View Item