Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Instrumentasi dan Sinyal Sepeda Motor (SISSM) Berbasis Android

Zulbadri, Zulbadri (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Instrumentasi dan Sinyal Sepeda Motor (SISSM) Berbasis Android. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ZULBADRI_17138056_4251_2021.pdf

Download (684kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Sistem Instrumentasi dan Sinyal Sepeda Motor (SISSM) dilaksanakan pada Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pada masa pendemi Covid-19 pembelajaran dilaksanakan secara Daring (Dalam Jaringan) melalui Google Classroom dan menggunakan buku paket namun belum efektif. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran SISSM berbasis Android yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan Model pengembangan Instruksional Development Institute (IDI) dimana memiliki langkah yang praktis untuk pengembangan produk. Model IDI memiliki 3 tahap untuk menetapkan prinsip­ prinsip pendekatan sistem yang meliputi yaitu pendefinisian (define), pengembangan (develop) dan evaluasi (evaluate). Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari validator guru dan siswa melalui angket pengujian validitas, praktikalitas dan efektifitas. Instrumen pengumpul data berbentuk angket. Teknik analisis data deskriptifuntuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran SISSM berbasis Android. Hasil validitas media pembelajaran SISSM berbasis Android meliputi validitas tampilan media dengan nilai 0,78, validitas materi dengan nilai 0,76, dan validitas bahasa dengan nilai 0,75. Semua aspek validitas media dikategorikan "Valid" karena nilainya besar dari 0,666. Untuk hasil praktikalitas diperoleh dari guru sebesar 95,71% dan siswa 87,40% ini dikategorikan Sangat Praktis. Selanjutnya efektifitas media pembelajaran SISSM berbasis Android berdasarkan rata­rata nilai pretest rata­rata siswa sebesar 38,01 dan rata­rata nilai posttest 91,24 maka diperoleh nilai Gain Score 0,86 maka media dikategorikan efektif karena nilai N­Gain > 0,7.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:21
Last Modified: 18 Apr 2022 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37658

Actions (login required)

View Item View Item