Pengembangan Handout Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Laboratorium Virtual Materi Momentum dan Impuls

Yojajuniavita, Sonya (2021) Pengembangan Handout Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Laboratorium Virtual Materi Momentum dan Impuls. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SONYA_YOJAJUNIAVITA_17033161_5512_2021.pdf

Download (657kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang mengubah kemampuan seseorang menuju ke arah kemajuan dan peningkatan kualitas. Tujuan pendidikan dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 adalah untuk mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk meneliti tingkat validasi dari desain produk handout berbasis inkuiri terbimbing berbantuan laboratorium virtual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and the development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang merupakan salah satu model desain dalam pembelajaran sistematik, terdiri dari 5 langkah atau tahapan kegiatan, yaitu: analisis, rancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk yang dihasilkan dari suatu penelitian dan pengembangan harus diuji terlebih dahulu terhadap kualitas produk yaitu uji validitas. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah handout berbasis inkuiri terbimbing berbantuan laboratorium virtual untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi momentum dan impuls. Berdasarkan basil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa validasi handout berbasis inkuiri terbimbing berbantuan laboratorium virtual pada materi momentum dan impuls dengan nilai rata-rata 86,81 % berada pada kategori sangat valid berdasarkan aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, kegrafisan, ketercapaian model inkuiri terbimbing, dan ketercapaian laboratorium virtual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:41
Last Modified: 14 Apr 2022 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37653

Actions (login required)

View Item View Item