Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Metode Resitasi Berwawasan Lingkungan dalam Pembelajaran Fisika Siswa SMA/MA Kelas X

Annisa, Rhoudatul (2021) Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Metode Resitasi Berwawasan Lingkungan dalam Pembelajaran Fisika Siswa SMA/MA Kelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_RHOUDATUL_ANNISA_16033060_4312_2021.pdf

Download (810kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini dilatarbelakangi karena seringnya ditemukan ketidak seimbangan antara waktu dan materi pembelajaran yang padat sehingga guru cenderung mengajar dengan tergesa-gesa dan pembelajaran berpusat pada guru. Oleh sebab itu, peneliti mencoba mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan metode resitasi berwawasan lingkungan pada pembelajaran Fisika sebagai upaya agar peserta didik dan guru dapat memaksimalkan waktu diluar jam pembelajaran dengan memanfaatkan potensi kemampuan awal peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD dengan metode resitasi berwawasan lingkungan dalam pembelajaran fisika yang valid untuk digunakan. Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model penelitian pengembangan R&D (Research and Development)dengan beberapa langkah yakni 1) potensi masalah; 2) Pengumpulan Informasi; 3) Desain Produk; 4) Validasi Produk; 5) Revisi Desain; 6) Uji Coba Produk; 7) Revisi Desain; 8) Uji Coba Pemakaian; 9) Revisi Produk; dan 10) Produksi Massal, Langkah-langkah dalam prosedur penelitian ini dibatasi hanya sampai validitas saja dikarenakan kondisi yang tidak mendukung dalam penelitian ini. Namun dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai revisi desain untuk validasi. Produk akhir yang dihasilkan dari penelitian ini berupa LKPD dengan metode resitasi berwawasan lingkungan dalam pembelajaran fisika pada materi Momentum Impuls dan Getaran Harmonik. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian. Validitas dari LKPD dengan metode resitasi berwawasan lingkungan dalam pembelajaran fisika pada materi Momentum Impuls dan Getaran Harmonik memiliki nilai rata-rata sebesar 83,27. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan metode resitasi berwawasan lingkungan dalam pembelajaran fisika pada materi Momentum Impuls dan Getaran Harmonik untuk siswa SMA/MA kelas X adalah valid dalam kategori sangat kuat dalam segi kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:39
Last Modified: 14 Apr 2022 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37647

Actions (login required)

View Item View Item