Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Berbasis Aktivitas Bermain Suku Anak Dalam Sakai

Kalsum, Umi (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Berbasis Aktivitas Bermain Suku Anak Dalam Sakai. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_UMI_KALSUM_19199054_2516_2021.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini kurang bervariatifnya, pembelajaran yang terus-menerus dan kurang terlaksananya pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis aktivitas bermain Suku Anak Dalam Sakai Provinsi Riau berbasis aktivitas bermain biasa mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) berbasis aktivitas bermain Suku Anak Dalam Sakai. Penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian Suku Anak Dalam Sakai Provinsi Riau sebanyak 30 orang. Instrumen pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, angket dan tes pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut: (1) Aktivitas bermain Suku Anak Dalam Sakai Provinsi Riau dalam kategori cukup: (2) Desain model pembelajaran PJOK Suku Anak Dalam Sakai Provinsi Riau terdiri dari permainan tradisional bola debuk, memasukkan paku dalam botol, lempar tangkap bola kecil, ular naga, lompat karet, lompat jauh tanpa awalan dan melempar bola dengan lari zig zag: (3) Model pembelajaran PJOK Suku Anak Dalam Sakai berbasis aktivitas bermain valid dan praktis: (4) Model pembelajaran PJOK Suku Anak Dalam Sakai Provinsi Riau berbasis aktivitas bermain efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:39
Last Modified: 14 Apr 2022 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37645

Actions (login required)

View Item View Item