Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Korosi Kelas XII SMA

Putri, Rabiul Henita Yulia (2021) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Korosi Kelas XII SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_RABIUL_HENITA_YULIA_PUTRI_16035124_5663_2021.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), bahan ajar yang berbentuk modul bisa dikembangkan kedalam bentuk elektronik. E -modul berbasis problem based learning merupakan bahan ajar dalam bentuk elektronik yang mendukung pembelajaran mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk e-modul yang berbasis problem based learning pada materi korosi kelas XII SMA/MA. Jenis penelitian yang dilakukan berupa Educational Desain Research dengan menggunakan model Plomp dengan tiga tahapan yaitu preliminary research, (2) prototyping stage, (3) assessment phase. Penelitian ini dibatasi sampai tahap prototype III. E-modul divalidasi oleh lima validator yang terdiri oleh dua dosen kimia UNP dan tiga guru kimia. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Aiken 'V. Hasil analisis data diperoleh bahwa e-modul berbasis problem based learning pada materi korosi kelas XII SMA/MA diperoleh nilai rata-rata 0.87 dengan kriteria valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sudah valid sebagai bahan ajar pada materi korosi kelas XII SMA/MA. Dengan demkian dapat disimpulkan bahwa E-modul berbasis problem based learning pada materi korosi kelas XII SMA/MA valid dan dapat diuji cobakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:39
Last Modified: 14 Apr 2022 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37644

Actions (login required)

View Item View Item