Pengembangan Model Perangkat Pembelajaran Berorientasi Kompleksitas Dimensi Pengetahuan dan Tingkatan Proses Kognitif Pada Materi Gerak Lurus untuk Pembelajaran Fisika SMA

Yasti, Marlina Tri Yuni (2021) Pengembangan Model Perangkat Pembelajaran Berorientasi Kompleksitas Dimensi Pengetahuan dan Tingkatan Proses Kognitif Pada Materi Gerak Lurus untuk Pembelajaran Fisika SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MARLINA_TRI_YUNI_YASTI_17033023_4088_2021.pdf

Download (726kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di sekolah secara umum bertujuan agar pada diri peserta didik terjadi perubahan kemampuan, sikap dan keterampilannya sejalan dengan pertambahan pengetahuannya. Hal tersebut bisa tercapai jika pelaksanaan pembelajaran yang diamanatkan kurikulum 2013 dilaksanakan secara optimal yaitu hendaknya merujuk kepada taksonomi Bloom revisi agar dalam pembelajaran mengkombinasikan dimensi pengetahuan dan tingkatan proses kognitif. Namun keadaan nyata yang terjadi di lapangan terungkap bahwa pembelajaran di sekolah belum memenuhi kompleksitas dimensi pengetahuan dan tingkatan proses kognitif. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah dengan melakukan pengembangan model perangkat pembelajaran berorientasi kompleksitas dimensi pengetahuan dan tingkatan proses kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai validitas dari model perangkat pembelajaran berorientasi kompleksitas dimensi pengetahuan dan tingkatan proses kognitif pada materi gerak lurus dalam pembelajaran fisika SMA. Jenis penelitian ini adalah Research And Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dan hanya sampai tahap development saja. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang dosen fisika UNP sebagai tim ahli dan 3 orang guru fisika dari SMAN 2, 4, dan 14 di Kabupaten Mukomuko sebagai tim praktisi. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran fisika yang terdiri dari RPP, bahan ajar, dan instrumen evaluasi yang berorientasi dimensi pengetahuan dan proses kognitif pada materi gerak lurus. Hasil persentase validasi pada perangkat pembelajaran menurut tim ahli adalah 83,44 dan menurut tim praktisi adalah 89,86. Sehingga perangkat pembelajaran(RPP, Bahan Ajar, dan Instrumen Evaluasi) yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dan dapat digunakan untuk pembelajaran fisika di SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:59
Last Modified: 13 Apr 2022 04:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37637

Actions (login required)

View Item View Item