Jannah, Umu Khairatul (2022) Motivasi Belajar Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Learning Mata Pelajaran Penjas di SMPN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
A_1_UMU_KHAIRATUL J._16086405_2543_2020.pdf Download (517kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini diawali berdasarkan hasil observasi terhadap motivasi belajar siswa SMPN 3 Pariaman pada pembelajaran penjas yang masih banyak siswa tidak fokus dan bermain saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian untuk melihat bagaimana motivasi belajar siswa SMPN 3 Pariaman dengan menggunakan metode kooperatif learning saat pembelajaran.Jenis penelitian adalah deskriptif, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Pariaman yang berjumlah 210. Penarikan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu hanya pada kelas VIII A yang berjumlah 30 orang. Instrument penelitian Instrumen penelitian ini melalui angket. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode kooperatif learning dengan hasil yang baik. Data dianalisis menggunakan teknik distribusi frekwensi (statistik deskriptif) dengan rumus presentase. Dari hasil analisis diperoleh presentase capaian motivasi belajar siswa SMPN 3 Pariaman dengan menggunakan metode kooperatif learning pada pembelajaran penjas yaitu sebesar (73%) yang menjawab YA sebanyak 22 orang dan (27%) menjawab TIDAK sebanyak 8 orang dari jumlah responden 30 orang dan 25 butir pertanyaan.: terdapat capaian baik sekali pada motivasi belajar siswa SMPN 3 Pariaman dengan metode kooperatif learning pada pembelajaran penjas dengan tingkat capaian yaitu (73%).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar Siswa, Metode Kooperatif Learning |
Subjects: | R Medicine and Food > Sport General |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1 |
Depositing User: | Mrs Risna Juita |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 03:26 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 03:26 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37633 |
Actions (login required)
View Item |