Desain Kombinasi Dimensi Pengetahuan dan Tingkatan Proses Berpikir pada Perangkat Pembelajaran Materi Gerak Parabola untuk Pembelajaran Fisika SMAN Kota Pekanbaru

Vincensius, Jeremia (2021) Desain Kombinasi Dimensi Pengetahuan dan Tingkatan Proses Berpikir pada Perangkat Pembelajaran Materi Gerak Parabola untuk Pembelajaran Fisika SMAN Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_JEREMIA_VINCENSIUS_17033020_5918_2021.pdf

Download (673kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 untuk pelajaran fisika SMA mengamanatkan guru agar mengubah pola pembelajaran bersifat "memberitahu" menjadi "mencari tahu" melalui kombinasi berbagai dimensi pengetahuan dan tingkatan proses berpikir yang hams dikuasai peserta didik. Diharapkan melalui pembelajaran, terjadi peningkatan kompetensi pengetahuan dan kemampuan proses berpikir peserta didik. Hasil studi awal menunjukkan diperlukannya suatu desain kombinasi dimensi pengetahuan dan tingkatan proses berpikir dalam bentuk perangkat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain perangkat pembelajaran berorientasi kombinasi dimensi pengetahuan dan tingkatan proses berpikir materi gerak parabola untuk pembelajaran fisika SMAN di Kota Pekanbaru. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang direduksi sampai tahap development. Penelitian ini melibatkan 3 orang dosen fisika FMIPA UNP sebagai expert judgment dan praktisi pembelajaran yaitu 3 orang guru fisika pada SMA Negeri 2, 7, dan 12 Pekanbaru. Objek penelitian adalah perangkat pembelajaran meliputi RPP, bahan ajar, dan instrumen evaluasi berorientasi kombinasi dimensi pengetahuan dan tingkatan proses berpikir materi gerak parabola. Hasil penelitian menunjukkan validitas secara teoritis perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, bahan ajar, dan instrumen evaluasi menurut tim ahli sebesar 0,74 dan berada pada kategori sedang atau dengan interpretasi valid, serta praktikalitas secara teoritis perangkat pembelajaran menurut tim praktisi sebesar 0,96 dan berada pada kategori tinggi atau sangat praktis. Dengan demikian, perangkat pembelajaran dapat dilanjutkan uji coba lapangan untuk efektifitasnya dalam pembelajaran fisika SMAN di Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:26
Last Modified: 13 Apr 2022 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37632

Actions (login required)

View Item View Item