Penerapan Dimensi Dimensi Pengetahuan dan Tingkatan Proses Kognitif pada Materi Pokok Gerak Melingkar Untuk Pembelajaran Fisika SMA

Maryumi, Illyyum (2021) Penerapan Dimensi Dimensi Pengetahuan dan Tingkatan Proses Kognitif pada Materi Pokok Gerak Melingkar Untuk Pembelajaran Fisika SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ILLYYUM_MARYUMI_17033019_6021_2021.pdf

Download (697kB) | Preview

Abstract

Kompetensi yang dibutuhkan siswa dari setiap pembelajaran di sekolah adalah, terjadinya pertambahan pengetahuan dan perubahan sikap sejalan dengan peningkatan proses berfikimya. Kebutuhan ini telah dituangkan dalam kurikulum 2013 yang berorientasi pada kombinasi dimensi-dimensi pengetahuan dengan tingka-tingkat proses kognitif yang merujuk pada taksonomi Bloom Revisi. Akan tetapi fakta dilapangan, pendidik masih menemukan berbagai kendala dalam menganalisis kompetensi untuk mengimplementasikan keterpaduan tersebut, yang terindikasi dari deskripsi perangkat pembelajaran guru yang berdampak pada kualitas pencapaian kompetensi pengetahuan siswa masih belum bisa diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengahsilkan penerapan keterpaduan dimensi- dimensi Pengetahuan dan Tingkatan Proses Kognitif pada materi pokok Gerak Melingkar untuk Pembelajaran Fisika SMA, yang dituangkan pada produk perangkat pembelajaran yang dihasilkan. Penelitian ini termasuk ke dalam Research And Development (R and D) melalui penerapan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang direduksi hanya sampai tahap development saja. Penelitian ini melibatkan 6 orang validator produk yang dihasilkan, terdiri dari 3 orang dosen Pendidikan Fisika UNP sebagai tenaga ahli dan 3 orang praktisi pendidikan dari kalangan guru fisika di Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil analisis data setelah dilakukan penyempumaan produk diperoleh persentase nilai validasi perangkat yang dihasilkan untuk RPP, bahan ajar, dan instrumen evaluasi menurut tim ahli serta tim praktisi masing-masing dengan skor akhir 68,48 dan 74,86 yang secara teori termasuk dalam kategori valid/praktis. Dengan demikian produk ini dapat digunakan dalam pembelajaran Fisika SMA untuk mendapatkan hasil uji kelayakan lapangan pada aspek praktikalitas dan efektivitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:25
Last Modified: 13 Apr 2022 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37630

Actions (login required)

View Item View Item