Analisis Aspek Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Hukum Newton, Usaha dan Energi,Impuls Momentum dan Gerak Harmonis di Kelas X Semester 2 SMA

Abdini, Gemfly (2021) Analisis Aspek Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Hukum Newton, Usaha dan Energi,Impuls Momentum dan Gerak Harmonis di Kelas X Semester 2 SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_GEMFLY_ABDINI_17033094_4487_2021.pdf

Download (907kB) | Preview

Abstract

Tuntutan pendidikan di era revolusi industri 4.0 membicarakan mutu lulusan yang mampu bersaing dengan tuntutan perkembangan zaman. Sehingga terj adinya perubahan manaj emen pendidikan. Pemerintah telah melakukan perubahan pada kurikulum.Perubahan terakhir yaitu kurikulum 2013. Tuntutan keterampilan abad ke-21, salah satunya adalah 4C. Diantara 4C ada creative thinking (berpikir kreatif) Berpikir kreatif adalah cara baru dalam melihat dan mengerjakan sesuatu yang memuat 4 aspek antara lain fluency flexibility.originality dan elaboration. Namun kondisi yang terjadi saat ini menggambarkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah. Untuk mempermudah prosesnya maka pembelajaran didukung dengan buku teks. Peran buku teks penting dalam pembelajaran siswa, sehingga perlu di perhatikan buku teks yang digunakan sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Salah satu kriteria yang diinginkan adalah buku teks yang digunakan dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah buku teks kelas X semester 2 memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif khususnya pada materi pokok hukum Newton , usaha dan energi , impuls dan momentum dan gerak harmonis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh buku teks pelajaran Fisika SMA Kelas X yang diterbitkan di Indonesia dan digunakan di Sumatera Barat. Sampel penelitian ini adalah dua buku terbanyak yang digunakan sekolah menengah atas buku teks pelajaran terdapat materi hukum newton, usaha dan energi, impuls dan momentum, serta gerak harmonis. Instrumen yang digunakan sudah divalidasi oleh 4 orang ahli dimana rata-rata skor yang didapatkan adalah 0, 74 ini dikategorikan tinggi. Berdasarkan analisis yang dilakukan pada buku teks pelajaran Fisika SMA Kelas X semester 2 diketahui Buku teks pelajaran Fisika SMA Kelas X semester 2 terbitan MK-ER memfasilitasi 31,55 % kemampuan berpikir kreatif dan ini termasuk ke kategori kurang. Dan buku teks pelajaran Fisika SMA Kelas X semester 2 terbitan MR-TS memfasilitasi 37 % kemampuan berpikir kreatif dan ini termasuk ke kategori kurang.Kedua buku tersebut memfasilitasi aspek kemampuan berpikir kreatif. Y aitu: kelancaran, keluwesan, orisinalitas, dan elaborasi. Dari kedua buku teks buku teks MR-TS lebih memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif. Namun buku teks tersebut belum maksimal dalam memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:20
Last Modified: 13 Apr 2022 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37623

Actions (login required)

View Item View Item