Analisis Keberadaan Pendekatan Saintifik dalam Sintak Inkuiri Terbimbing pada RPP Fisika Materi Mekanika SMAN di Kota Se- Sumatera Barat

Yusrina, Elvi (2021) Analisis Keberadaan Pendekatan Saintifik dalam Sintak Inkuiri Terbimbing pada RPP Fisika Materi Mekanika SMAN di Kota Se- Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ELVI_YUSRINA_17033056_4183_2021.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut peserta didik memiliki kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berkolaborasi, serta kemampuan berkreativitas. Dilihat dari kemampuan HOTS peserta didik yang masih rendah, maka diperlukan model pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik. Model pembelajaran yang digunakan dapat meningkatkan kemampuan menalar peserta didik yang mendukung kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model inkuiri terbimbing. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing masih minim. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini memilki populasi yaitu seluruh RPP materi mekanika SMAN Se- Kota Sumatera Barat yaitu 130 RPP. Penelitian ini menggunakan teknik puposive sampling, sehingga didapatkan 19 RPP pada 10 sekolah yang menjadi sampel penelitian. Pada penelitian menggunakan instrumen analisis RPP dan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi dokumentasi. Berdasarkan 10 sekolah yang dianalisis, tidak semua materi mekanika yang menggunakan model inkuiri terbimbing. Keberadaan komponen RPP fisika yang menggunakan pendekatan saintifik dalam sintak inkuiri terbimbing pada materi mekanika SMAN di Kota Se-Sumatera Barat dengan kategori keberadaan komponen RPP sangat kuat. Keberadaan pendekatan saintifik sudah tersedia di RPP untuk semua materi, namun pendekatan saintifik dalam sintak inkuiri terbimbing pada RPP fisika yang paling menonjol yaitu aspek mengamati dan menanya. Keberadaan sintak inkuiri terbimbing pada RPP materi mekanika tertinggi yaitu SMAN 2 Pariaman. Sedangkan sekolah dengan sintak model inkuiri terbimbing terendah yaitu SMAN 3 Pariaman. Secara keseluruhan kategori keberadaan sintak inkuri terbimbing pada RPP materi mekanika yaitu sangat kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:03
Last Modified: 13 Apr 2022 02:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37621

Actions (login required)

View Item View Item