Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA

Ayu, Dodoken (2021) Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_DODOKEN_AYU_17033009_5841_2021.pdf

Download (724kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian meta analisis pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibutuhkan media yang menarik dalam proses pembelajaran seperti modul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis effect size pengaruh penggunaan modul berdasarkan jenjang pendidikan, unit materi dan aspek hasil belajar yang meliputi aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Metode dalam penelitian yang digunakan adalah meta analisis terhadap 20 artikel yang sudah dipublikasikan pada berbagai jumal dan prosiding baik nasional dan intemasional. Artikel yang digunakan telah memenuhi kriteria untuk dilakukan perhitungan effect size dan dikelompokkan berdasarkan tiga indikator yaitu berdasarkan jenjang pendidikan, unit materi, dan hasil belajar meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa (1) Nilai effect size pengaruh penggunaan modul untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada jenjang pendidikan SMA yaitu 0,728 kriteria sedang dan jenjang pendidikan SMP yaitu 0,622 kriteria sedang. Penggunaan modul terhadap hasil belajar siswa berdasarkan jenjang pendidikan, lebih berpengaruh pada jenjang SMA dibandingkan SMP;(2) Nilai effect size pengaruh penggunaan modul untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada jenjang pendidikan SMA unit materi mekanika yaitu 0,780 kriteria tinggi, fluida 0,635 dengan kriteria sedang. Pada jenjang pendidikan SMP unit materi hukum newton 1,195, getaran dan gelombang 0,382 kriteria rendah. Pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar siswa berdasarkan unit materi, lebih berpengaruh mekanika yaitu 0,78 kriteria tinggi pada jenjang SMA, dan bepengaruh pada unit materi hukum newton yaitu 1,195 untuk jenjang SMP; (3) Nilai effect size pengaruh penggunaan modul untuk meningkatkan hasil belajar memberikan pengaruh pada ketiga aspek yaitu aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Namun jika dibandingkan lebih tinggi pengaruhnya pada aspek sikap yaitu dengan nilai 0,844

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:02
Last Modified: 13 Apr 2022 02:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37620

Actions (login required)

View Item View Item