Evaluasi Hasil Layanan Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Peserta Didik di SMA Negeri Kabupaten Dharmasraya

Gusti, Sri Marina (2021) Evaluasi Hasil Layanan Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Peserta Didik di SMA Negeri Kabupaten Dharmasraya. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SRI_MARINA_GUSTI_17138112_4856_2021.pdf

Download (626kB) | Preview

Abstract

Pemberlakuan kurikulum 2013 di Indonesia berdampak pada kesiapan dan peran guru dalam proses pembelajaran. Dalam kurikulum 2013, Guru TIK sudah tidak lagi mengajar seperti dalam kurikulum sebelumnya, akan tetapi guru TIK berperan sebagai fasilitator dan penyedia layanan bimbingan berkaitan tentang TIK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan TIK pada peserta didik di SMA Negeri Kabupaten Dharmasraya. Layanan bimbingan TIK yang dilakukan di sekolah dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan teknologi, sehingga peserta didik dapat memanfaatkan TIK dengan baik dan benar sesuai keahliannya. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif. Dalam hal ini peneliti mengevaluasi layanan bimbingan TIK menggunakan model penelitian evaluasi Kirkpatrick dengan empat level tahapan evaluasi yaitu level reaksi, pembelajaran, perilaku dan hasil. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Kabupaten Dharmasraya. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik yang sedang mengikuti layanan bimbingan TIK. Teknik pengambilan data melalui kuesioner/angket. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa tingkat ketercapaian layanan bimbingan TIK pada komponen level 1 reaksi sebesar 71,46% dengan kategori baik, komponen level 2 pembelajaran sebesar 74,41 % dengan kategori baik, komponen level 3 perilaku sebesar 72% dengan kategori baik, komponen level 4 hasil sebesar 74,73% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan TIK pada peserta didik di SMA Negeri Kabupaten Dharmasraya dikategorikan baik pada semua variabel pengukuran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:02
Last Modified: 13 Apr 2022 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37615

Actions (login required)

View Item View Item