Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Tefa pada Pembelajaran Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Kunto Darussalam

Trimo, N (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Tefa pada Pembelajaran Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Kunto Darussalam. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_TRIMO_N_17138047_4459_2021.pdf

Download (783kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi, yang menjadi permasalahan yaitu: terbatasnya buku dan belum tersedianya modul pembelajaran berbasis tefa pada pembelajaran pengelolaan bengkel sepeda motor sehingga menyebabkan proses pembelajaran belum maksimal Tujuan penelitian untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis tefa pada pembelajaran pengelolaan bengkel sepeda motor yang valid, praktis dan efektif agar layak digunakan di lapangan dan mengetahui bentuk modul pembelajaran. Model penelitian yang digunakan adalah pengembangan IDI (Instruksional Development Institute). Dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development I R&D). Subjek perekan adaah siswa Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor yang mengambil mata pelajaran Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor. Jens data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh dosen ahli, guru ahli dan siswa. Instrumen pengumpul data berbentuk angket. Teknik analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran berbasis tefa pada pembelajaran pengelolaan bengkel sepeda motor. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Menghasilkan sebuah modul pembelajaran berbasis tefa pada pembelajaran pengelolaan bengkel sepeda motor, (2) Validitas modul pembelajaran berbasis tefa pada pembelajaran pengelolaan bengkel sepeda motor dinyatakan sangat baik pada aspek materi (0,94), aspek format (0,91) dan aspek penyajian (0,925), (3) Praktikalitas modul pembelajaran berbasis tefa pada pembelajaran pengelolaan bengkel sepeda motor berdasarkan respon guru dinyatakan sangat praktis (96,25%) dan berdasarkan respon siswa dinyatakan sangat praktis (85,17%), (4) Efektivitas modul pembelajaran berbasis tefa pada pembelajaran pengelolaan bengkel sepeda motor dinyatakan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa (64,02%). Berdasarkan temuan penelitian ini disirnpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis tefa pada pembelajaran pengelolaan bengkel sepeda motor ini valid, praktis dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai modul pembelajaran pada mata pelajaran pengelolaan bengkel sepeda motor.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:02
Last Modified: 13 Apr 2022 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37614

Actions (login required)

View Item View Item