Standar Operasional Prosedur Pelayanan Pengunjung di Homestay Efniati Pada Masa Pandemi Covid-19

Febrianto, Farhan (2021) Standar Operasional Prosedur Pelayanan Pengunjung di Homestay Efniati Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_FARHAN_FEBRIANTO_17135229_5366_2021.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan protokol kesehatan pada homestay Efniati yang sesuai dengan kebijakan Kemenparekraf yaitu CHSE. CHSE yaitu peraturan tentang prokes yang berdasar pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan). Permasalahan pada penelitian ini yaitu homestay Efniati belum menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan CHSE. Jenis proyek akhir ini adalah metode penelitian eksperimen. Peneliti melakukan wawancara kepada pemilik homestay Efniati yang berlokasi di Jl. Mushala Nurul Janah, Sarilamak, Kecamatan, Harau. Kabupaten, Lima Puluh Kota. Sumatera Barat 26271. Penulis membuat SOP yang sesuai dengan CHSE dari sebelum tamu datang, pada saat registrasi, hingga mengantar tamu ke kamar. SOP yang penulis buat akan disetujui oleh pihak ahli kemudian untuk diterapkan di homestay tersebut. Standar Operasional Prosedur yang penulis rancang, kemudian didiskusikan kepada pihak ahli dari hotel Bumi Minang untuk disetujui. Setelah SOP disetujui, kemudian SOP diuji coba di homestay Efniati selama beberapa hari. Terdapat beberapa kendala dari SOP yang penulis rancang tetapi hal tersebut telah disepakati untuk kemudian diterapkan di homestay Efniati. Semenjak masa new normal sektor pariwisata mulai kembali buka menggunakan himbauan oleh pemerintah berupa protokol kesehatan. Salah satu sektor pariwisata bidang akomodasi non komersial yaitu homestay. Homestay dianjurkan untuk membuat standar operasional prosedur yang sesuai dengan CHSE guna menekan penyebaran virus covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:00
Last Modified: 13 Apr 2022 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37609

Actions (login required)

View Item View Item