Analisis Penyesuaian Diri Santri di Asrama Ditinjau dari Jenis Sekolah, Latar Belakang Budaya dan Tingkatan Kelas

Rusnila, Rusnila (2021) Analisis Penyesuaian Diri Santri di Asrama Ditinjau dari Jenis Sekolah, Latar Belakang Budaya dan Tingkatan Kelas. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RUSNILA_17151044_4451_2021.pdf

Download (656kB) | Preview

Abstract

Penyesuaian diri merupakan proses yang mencakup respon mental dan tingkah laku untuk mencapai keseimbangan dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan tuntutan lingkungan. Namun ditemukan siswa yang sulit menyesuaikan diri seperti, tidak siap tinggal di asrama, sulit jauh dari orangtua, melanggar aturan asrama, sulit bergaul, dan terjadi perselisihan antar budaya. Hal ini diduga disebabkan karena perbedaan sekolah, latar belakang budaya dan tingkatan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyesuaian diri siswa di asrama berdasarkan jenis sekolah, latar belakang budaya dan tingkatan kelas. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan desain analisis faktorial. Populasi dalam penelitian ini yaitu 200 siswa di asrama pesantren Al-Faruqi Kampar, Riau. Penelitian ini menggunakan instrumen penyesuaian diri, Alpha Cronbach sebesar 0,876. Analisis data menggunkan teknik Analisis of Variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan (1) tingkat penyesuaian diri siswa berdasarkan jenis sekolah yaitu kategori tinggi dan terdapat perbedaan yang signifikan penyesuaian diri siswa berdasarkan jenis sekolah, (2) tingkat penyesuaian diri siswa berdasarkan latar belakang budaya yaitu tinggi dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan penyesuaian diri siswa berdasarkan latar belakang budaya, (3) tingkat penyesuaian diri siswa berdasarkan tingkatan kelas yaitu tinggi dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan penyesuaian diri berdasarkan tingkatan kelas, (4) serta tidak terdapat interaksi antara variabel tersebut dalam menjelaskan penyesuaian diri siswa di asrama. Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk konselor di sekolah dalam penyusunan program layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di asrama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:14
Last Modified: 12 Apr 2022 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37600

Actions (login required)

View Item View Item