Pengembangan Video Pembelajaran Materi Suhu dan Kalor Menggunakan Software Wondershare Filmora untuk Meningkatkan Keterampilan 4C

Hamida, Sadra (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Materi Suhu dan Kalor Menggunakan Software Wondershare Filmora untuk Meningkatkan Keterampilan 4C. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SADRA_HAMIDA_18175034_2566_2021.pdf

Download (700kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dapat dilihat karena belum terpenuhinya kebutuhan belajar siswa. Guru lebih dominan menggunakan buku teks saat pembelajaran, hanya sebagian guru yang menggunakan media pembelajaran seperti powert point sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam belajar. Salah satu media pembelajaran yang dikembangkan adalah video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran fisika yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data penelitian berupa data studi pendahuluan, validasi, praktikalitas dan efektifitas. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen validasi, instrumen praktikalitas, dan instrumen efektifitas berupa soal essay. Teknik analisis data terdiri dari data studi pendahuluan, data validitas, data praktikalitas, dan data efektifitas. Berdasarkan hasil penilaian video pembelajaran fisika yang dilakukan oleh ahli didapatkan hasil dengan nilai rata­ rata validasi ahli pembelajaran dan ahli fisika berada pada kategori valid. Praktikalitas video pembelajaran dinilai oleh guru dan siswa SMAN 1 Gunung Tuleh berada pada kategori valid. Setelah dilakukan uji validitas dan praktikalitas video pembelajaran diperoleh hasil uji efektifitas video pembelajaran dengan memberikan soal pretest dan postest kepada siswa. Nilai rata­rata N­gain untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa berada pada kategori sedang. Dengan demikian video pembelajaran fisika dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:14
Last Modified: 12 Apr 2022 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37598

Actions (login required)

View Item View Item