Pengembangan Media Pembelajaran lnteraktif Berbasis Macromedia Flash tentang Materi Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Tanjung Mutiara

Agustina, Yola (2021) Pengembangan Media Pembelajaran lnteraktif Berbasis Macromedia Flash tentang Materi Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Tanjung Mutiara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_YOLA_AGUSTINA_17031196_4820_2021.pdf

Download (607kB) | Preview

Abstract

Materi sistem pencernaan pada manusia merupakan materi yang sulit dipahami o leh peserta didik, sehingga membutuhkan media yang dapat memperjelas materi sistem pencernaan pada manusia. Keterbatasan media di SMAN 1 Tanjung Mutiara belum mendukung pembelajaran pada materi tersebut. Solusi permasalahan ini adalah dengan membuat media pembelajaran interaktif Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia flash tentang materi Sistem Pencernaan pada Manusia untuk peserta didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model pengembangan 4-D models (define, design, develop and disseminate). Namun pada penelitian ini hanya sampai tahap yang ketiga, yaitu develop, karena keterbatasan biaya dan waktu penelitian. Subjek penelitian terdiri dari validator yang berjumlah 3 orang (2 orang Dosen Biologi FMIPA UNP dan 1 orang Guru Mata Pelajaran Biologi SMAN 1 Tanjung Mutiara). Dan praktikalitas terdiri dari 1 orang guru serta 30 orang peserta didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Tanjung Mutiara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil rata-rata validitas yaitu 90,56% dengan kategori sangat valid dan hasil rata-rata praktikalitas yaitu 91,18% oleh guru dan 89,28% oleh peserta didik keduanya dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash untuk peserta didik Kelas XI SMAN 1 Tanjung Mutiara yang dikembangkan sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:14
Last Modified: 12 Apr 2022 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37596

Actions (login required)

View Item View Item