Pengembangan LKPD Berorientasi Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA

Rahmadani, Rahmadani (2021) Pengembangan LKPD Berorientasi Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RAHMADANI_17031036_5588_2021.pdf

Download (751kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah terciptanya kondisi yang memungkinkan terjadi pada diri peserta didik untuk memiliki pengalaman yang didapat selama proses pembelajaran yang berlaku dimanapun dan kapanpun serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu materi kelas XI yang sulit dipahami oleh peserta didik adalah materi sistem pencemaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah untuk mempermudah peserta didik memahami materi sistem pencemaan adalah dengan mengembangkan bahan ajar LKPD berorientasi Contextual Teaching and Learning ( CTL), dengan LKPD ini peserta didik dapat mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD Berorientasi Contextual Teaching and Learning ( CTL) pada materi sistem pencemaan kelas XI SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan 3 tahap pengembangan dari model 4-D Models. Tahapannya yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop ( pengembangan). Subjek penelitian ini adalah 25 orang peserta didik kelas XI dan satu orang guru Biologi SMA Negeri 2 Lembang Jaya. Sedangkan 1 orang guru Biologi dan 2 orang dosen sebagai validator. Objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan berorientasi Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi sistem pencemaan kelas XI SMA. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validitas dan praktikalitas berupa respons kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil Validasi LKPD diperoleh 91,78% dengan kriteria sangat valid baik dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Hasil praktikalitas berupa respons LKPD oleh guru memperoleh 91, 19% dengan kriteria sangat praktis dan rata-rata respons oleh peserta didik 86,65% dengan kriteria sangat praktis dari segi kemudahan penggunaan, efisien waktu pembelajaran, dan manfaat. Dapat disimpulkan bahwa dihasilkan LKPD berorientasi Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi sistem pencemaan kelas XI SMA sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:13
Last Modified: 12 Apr 2022 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37592

Actions (login required)

View Item View Item