Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Think Talk Write pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII2 SMP Negeri 2 Padang

Wisriani, Riza (2021) Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Think Talk Write pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII2 SMP Negeri 2 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RIZA_WISRIANI_0081218_2768_2021.pdf

Download (641kB) | Preview

Abstract

Kemampuan matematika siswa di kelas VII 2 SMP Negeri 2 Padang belum memuaskan. Siswa masih mengalami kesulitan dalam kemampuan komunikasi dan penalaran serta memecahkan masalah yang berkaitan dengan segitiga. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan penalaran matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif Think­ Talk­Write (TTW) pada pokok bahasan segitiga. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses peningkatan kemampuan komunikasi dan penalaran matematika siswa kelas VII 2 SMP Negeri 2 Padang melalui strategi pembelajaran Think Talk Write? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII 2 SMP Negeri 2 Padang tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 32 orang. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes kemampuan matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif TTW pada materi segitiga dapat meningkatkan kemampuan matematika siswa di kelas VII 2 SMP Negeri 2 Padang. Untuk kemampuan komunikasi prosentase siswa yang mencapai KKM meningkat dari 59% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Untuk kemampuan penalaran matematika juga terjadi peningkatan dari 75% pada Siklus I menjadi 81 % pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif TTW dapat meningkatkan kemampuan matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:12
Last Modified: 12 Apr 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37589

Actions (login required)

View Item View Item