Analisis Miskonsepsi Buku Teks Pelajaran Biologi SMA Materi Jamur (Fungi)

Nurul'Aini, Nurul'Aini (2021) Analisis Miskonsepsi Buku Teks Pelajaran Biologi SMA Materi Jamur (Fungi). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NURUL_AINI_17031106 _4414_2021.pdf

Download (738kB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi dapat diartikan sebagai suatu konsep yang tidak sesuai dengan konsep yang diterima oleh para ahli/ilmuwan sehingga menimbulkan kesalahan dalam memahami konsep tersebut. Salah satu penyebab miskonsepsi berasal dari buku teks pelajaran yang merupakan sumber acuan/informasi bagi guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Buku teks pelajaran memuat materi pelajaran. Diantara semua materi pelajaran Biologi SMA ada materi jamur (fungi) yang mengandung banyak konsep saling berkaitan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis konsep-konsep yang mengalami miskonsepsi pada materi jamur (fungi) dalam buku teks pelajaran Biologi SMA Kelas X Kurikulum 2013 karangan Imaningtyas terbitan Erlangga. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif Subjek penelitian adalah buku teks pelajaran Biologi SMA Kelas X Kurikulum 2013 karangan Imaningtyas terbitan Erlangga yang memuat konsep materi jamur (fungi). Variabel penelitian yaitu miskonsepsi pada buku teks pelajaran Biologi karangan Imaningtyas terbitan erlangga. Data dalam penelitian ada 5 kategori miskonsepsi yaitu undergeneralizations, obsolete concepts and terms, oversimplifications, overgeneralizations dan misidentifications. Instrumen penelitian yaitu lembar identifikasi dan verifikasi miskonsepsi berupa tabel perbandingan konsep dari buku yang diteliti dengan konsep buku rujukan dan wawancara dengan tim ahli Biologi pada bidangnya. Konsep yang mengalami miskonsepsi pada materi jamur (fungi) buku teks pelajaran Biologi untuk Kelas X SMA karangan Imaningtyas terbitan Erlangga berjumlah lima konsep, dengan rincian tiga miskonsepsi undergeneralization pada konsep kapang (mold), Candida albicans, dan ektomikoriza, satu miskonsepsi misidentification pada konsep hifa dan satu miskonsepsi obselete concept and terms pada konsep basidiospora. Berdasarkan persentase miskonsepsi yang ditemukan, miskonsepsi materi jamur (fungi) buku teks pelajaran Biologi untuk SMA Kelas X karangan Imaningtyas terbitan Erlangga memiliki miskonsepsi dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:11
Last Modified: 12 Apr 2022 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37581

Actions (login required)

View Item View Item